Tuesday, December 3, 2013

ZIRCON PERMATA TIRUAN BERLIAN


zircon putih
Zircon, Permata yang sangat populer, karena sering melekat pada perhiasan. Permata ini merupakan tiruan berlian, untuk warna yang putih sekilas hampir sama. Harga Zircon sangat murah jika dibandingkan dengan harga berlian.
Cara membedakan Zircon sama berlian sangat mudah, karena permata ini tidak merespon Diamond Selector , Jika dilihat dari mahkota juga tembus pandang bagian belakang ( culet) akan sangat mudah terlihat. Bila ditaruh di atas koran maka tulisan akan terlihat sedangkan berlian tidak. 
Zircon adalah sebentuk mineral “zirconium silicate” sangat terkenal dan popular sebagai salah satu jenis batu permata berkulitas terkelompok dalam group crystal tetragonal. Variasi warna tersebar mulai dari warna biru, merah, coklat, hijau, kuning dan orange, colorless zircon mempunyai kemampuan memecahkan sinar putih menjadi berbagai spectrum warna oleh karena itu white zircon sering dipakai sebagai tiruan berlian.
Zircon yang berkualitas tinggi mempunyai luster yang menyerupai diamond/berlian (Adamantine luster).

Zircon berbeda dengan syntetic cubic Zirconia, Zircon adalah natural sedang Syntetic cubic Zirconia adalah buatan di laboratorium.

No comments:

Post a Comment