Tuesday, December 3, 2013

Cutting / Potongan Bentuik Pada Batu Permata




cabochon round gem emerald  
Cutting atau asahan batu batu permata pada dasarnya ada dua macam model, yaitu Cabochon dan Paceted . Model-model asahan ini memberikan pantulan cahaya yang berbeda. Pada umumnya batu Cat Eye selalu diasah dengan model Cabochon, karena bila diasah atau dibentuk dengan model ini akan menimbulkan efek atau fenomena seperti mata Kucing, demikian juga batu permata Moonstone yang selalu diasah dengan model Cabochon.
permata merah
1. Cabochon, Bagian atas cembung sedangkan bawahnya datar. Biasanya pada batu permata yang dipakai laki-laki. Dapat memberikan fenomena yang khas pada batu permata, seperti cat eye, star, moonstone dan lain-lian.
safir   cat eye
2. Faceted, Faceted banyak macamnya, ciri-cirinya selalu ada kaca gosokan atau pacet; seperti oval, pear, emerald dan lain-lain.
emerald markis emerald paceted pear
Kalau pada berlian bentuk asahan disebabkan untuk memaksimalkan berat yang didasarkan pada berlian kasar saat ditemukan, tapi kalau pada batu permata pemilihan bentuk asahan tujuannya untuk memperoleh penomena yang Indah dari batu permata tersebut.

No comments:

Post a Comment