Friday, March 7, 2014

Mengetahui Kedalaman Batu Permata II


Quote:MOISSANITE
NAME : MOISSANITE
HARDNESS : 9.5 Mohs
FORMULA : SiC (Silicon Carbide)
CRYSTAL SYSTEM : HEXAGONAL
SPECIFIC GRAVITY : 3.218 - 3.22
REFRACTIVE INDEX : 2.654 - 2.967
LUSTER : Adamantine to metallic

Moissanite alami di temukan pada tahun 1893 oleh ilmuwan Prancis Dr. Henri Moissan, yang kemudian meraih penghargaan Nobel. Dr Moissan mulai mempelajari bagian geologi dari batu meteor yang di ambil dari kawah meteor (Canyon Diablo) yang terletak di Arizona, USA. Di lokasi tersebut, beliau menemukan sejumlah kecil material yang sangat berkilauan.
Setelah penelitian panjang, Dr. Moissan menyimpulkan bahwa material ini adalah sebuah jenis mineral baru, silicon carbide. Di tahun 1905, ahli gem dan mineral dari Tiffany & Co, George Kunz menyarankan agar batu permata ini dinamakan moissanite.

Moissanite memang bermula dari alam, akan tetapi batu kristal ini sangat sedikit dan juga sangat jarang. Bahkan, sebenarnya sangat jarang sekali sehingga sulit untuk dapat menghasilkan sepasang anting solitaire Moissanite yang berasal dari mineral alam ini.
Saat ini, perhiasan indah Moissanite yang di ciptakan di Laboratorium dengan proses pemanasan ini sudah dapat di peroleh sebagai hak paten ekslusif oleh Charles & Colvard. Proses perkembangan ini sangat memegang peranan, penerapan teknologi yang canggih dan mahal – semua faktor-faktor yang menghalangi pembuatan Moissanite dari Charles & Colvard secara masal.

Karena Moissanite mempunyai partikel Silicon Carbide yang serumpun dengan Carbon yang ada di Diamond, di mana adalah media yang dapat mentransfer panas, dan diamond tester adalah alat untuk mendeteksi panas. Hal inilah yang menyebabkan Moissanite lolos diamond tester.

Moissanite banyak disalah artikan sebagai Synthetic Diamond, padahal batu Synthetic mempunyai rumus kimia yang sama sedangkan keduanya berbeda.
Moissanite : Silicon Carbide (SiC)
Diamond : Carbon (C)
Synthetic Diamond disebut dengan nama "Lab Grown Diamond"

Ciri-ciri Moissanite:
Double Refraktif : Moissanite mempunyai Indeks bias ganda, sehingga bisa dikenali dengan melihat permukaannya ada bayang-bayang yang terlihat Ganda atau double.
Inclusion : Moisaanite biasanya pada bagian dalamnya bila dilhat dengan loupe dibawah cahaya yang terang akan terlihat garis-garis putih seperti jarum, arah dari atas ke bawah atau verttikal

Harga Moissanite :
Dapat dilihat di http://www.moissani.com/stone1.html[



Quote:Original Posted By MKRayearth 
Babarin moissanite dong gan, dan bagemana cara membedakannya? 


1. Double Refraktif :
Moissanite mempunyai Indeks bias ganda, sehingga bisa dikenali dengan melihat permukaannya ada bayang-bayang yang terlihat Ganda atau double.
Lihat dari sisi seperti pada gambar sebelah kanan pada gambar di atas, nanti akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini :

Untuk yang ukuran besar bisa dilihat dengan mata saja, jika ukurannya kecil gunakan Loupe atau kaca pembesar yang pembesarannya 30x atau 40x biar tampak lebih jelas.

2. Lihat Inklusi atau ciri-ciri pada bagian dalam.
Moisaanite biasanya pada bagian dalamnya bila dilhat dengan loupe dibawah cahaya yang terang akan terlihat garis-garis putih seperti jarum, arah dari atas ke bawah atau verttikal.Perhatikan gambar dibawah ini :
 
 
Sekali lagi gunakan loupe dengan pembesaran yang cukup, terutama untuk yang ukuran kecil.

3. Gunakan Alat Tester.
Banyak alat yang bisa mendeteksi Moissanite, seperti pada gambar di bawah ini.

No comments:

Post a Comment